Edison Yonatan

Analisa Elliott Wave TLKM

MENJELANG CUM DIVIDEN : APAKAH SAHAM TLKM LAYAK DIKOLEKSI ?

Fractal Market Perspective PT TELKOM INDONESIA (TLKM)

(Edison Yonatan, ST, CSA, CTA)

SEKILAS PROFIL PERUSAHAAN

Seperti yang dapat dilihat dari website resminya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai oleh publik. Saham Telkom diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.

Telkom mulai saat ini membagi bisnisnya menjadi 3 Digital Business Domain:

  1. Digital Connectivity: Fiber to the x (FTTx), 5G, Software Defined Networking (SDN)/ Network Function Virtualization (NFV)/ Satellite
  2. Digital Platform: Data Center, Cloud, Internet of Things (IoT), Big Data/ Artificial Intelligence (AI), Cybersecurity
  3. Digital Services: Enterprise, Consumer

IKHTISAR KONDISI FINANSIAL

Dalam 5 (Lima) tahun terakhir, Pendapatan Telkom terus mengalami pertumbuhan seperti yang terlihat dari ikhtisar keuangan yang dikeluarkan di dalam Laporan Tahunan 2022. Hanya di tahun 2022, laba bersih Telkom mengalami penurunan.

Source : www.telkom.co.id

AKSI KORPORASI

Dalam RUPS tanggal 30 Mei 2023, disepakati bahwa PT Telkom akan membagikan dividen tunai sebesar 80% dari laba usaha bersih tahun buku 2022 yaitu sejumlah Rp 16.602.696.656.799,20 atau Rp 167.5987 per saham (Dividen yield = 4.04%).  Berikut ini jadwal pembagian dividen.

Apakah TLKM layak dikoleksi sekarang sebelum berakhirnya Cum date 9 Juni 2023?.

Berikut ini pergerakan harga TLKM menurut perspektif Fractal Market atau Elliott Wave Analysis.

FRACTAL MARKET FORECASTING

Adapun Pola dasar dari Impulse Wave seperti yang tergambar di Bawah ini. Impulse Wave membentuk 5 gelombang Dasar yaitu 1 – 2 – 3 – 4 – 5. 

Saat ini TLKM diperkirakan sedang menyelesaikan wave (5) biru. Preferred Count menganggap wave (4) biru sudah selesai. Jadi posisi pergerakan harga TLKM saat ini sedang menyelesaikan wave (5) biru.

Skenario 1 adalah kemungkinan pola yang sedang dibuat adalah ending diagonal. Secara umum diagonal pattern digambarkan seperti di Bawah ini.

Jika benar mengambil pola ending diagonal, berarti poses harga saat ini sedang menyelesaikan wave 5 merah. Adapun entry -nya menggunakan multiple fibonacci projection dan digambarkan pada diagram di Bawah ini, yaitu saat wave ((ii)) hijau diperkirakan berakhir.

Kemungkinan pola yang terjadi pada skenario 2 adalah wave 5 merah bukan ending diagonal, namun harga sedang menyelesaikan wave (iv)) hijau dari  wave 3 merah. Diperkirakan pola yang terbentuk pada wave ((iv)) hijau adalah  Triangle. Pola dasar umum Triangle digambarkan seperti pada diagram di Bawah ini.

Jika benar pola triangle yang terjadi, kemungkinan besar saat ini harga sedang menyelesaikan wave (c) ungu dari wave ((iv)) hijau.

Dengan menggunakan guidance Elliott Wave Analysis dan fibo projection, Bisa diperkirakan entry idealnya seperti gambar di bawah ini.

Namun ada kumgkinan pola yang sedang dibentuk wave ((iv)) hijau bukanlah triangle, namun pola Flat A – B – C.

jadi pada Skenario ke 3 harga sedang menyelesaikan pola (a) – (b) – (c) ungu. Pada kasus ini, sesuai rule yang berlaku adalah wave ((4)) hijau tidak boleh memasuki area wave (i)) hijau. Konsekuensinya, harga wave ((iv)) harus di atas 3640.  

Sebagai Alternative Count, wave (4) biru belum selesai. jadi saat ini posisi harga sedang menyelesaikan wave (4) biru. Adapun pola yang mugkin terjadi adalah Flat, melihat wave (2) biru merupakan Zigzag. 

Jika memang pola Flat yang sedang terjadi, artinya saat ini harga sedang menyelesaikan wave C merah dari wave (4) biru. Pola Flat yang regular yang umum terjadi adalah titik C merah berakhir pada level yang sama dengan titik A merah sebagai titik awal pola Flat. 

Sebagai ikhtisar dari kemungkinan berbagai skenario dan pola yang terjadi pada pergerakan harga TLKM saat ini, berikut adalah kesimpulannya.

Edison Yonatan, ST, CSA, CTA

DISCLAIMER

Laporan merupakan pendapat pribadi dan bersifat edukasi. Investasi atau trading saham mengandung risiko kerugian keuangan dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Semua isi laporan berikut bukan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi. Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang ditimbulkan oleh investor/trader yang timbul dari tindakan membeli atau menjual instrumen investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *